Yana Mulyana Akui Terima Fee dari 3 Penyuap, Bentuknya Uang Tunai hingga Tiket ke Thailand

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Bandung – Wali Kota Bandung nonaktif Yana Mulyana mengakui menerima fee dari tiga terdakwa penyuap dalam persidangan proyek Bandung Smart City untuk pengadaan CCTV dan jaringan internet (ISP) di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin 7 Agustus 2023.

Ia tidak menampik menerima sejumlah uang, masing-masing dari Direktur Utama PT Citra Jelajah Informatika (CIFO) Sonny Setiadi, Manager PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) Andreas Guntoro, dan Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) Benny.

Yana menceritakan, ia mendapatkan uang dari Sony setelah adanya pertemuan di Pendopo Bandung pada tanggal 24 Desember 2022, yang dimediasi oleh Sekretaris Dishub Kota Bandung Khairur Rijal.

Saat itu, kata Yana, Khairur ingin mempertemukan dirinya dengan Sony yang disebut Khairur berniat melakukan CSR. Dirinya sempat meminta waktu lain, namun Khairur menjanjikan tidak akan menyita banyak waktu sehingga dirinya menyetujui permintaan itu.

“Saudara Khairur Rijal mengatakan ‘Itu ada Pak Sony’. Sony siapa? Sony CIFO mau ngasih CSR WiFi gratis, minta petunjuk di titik mana saja pemasangan WiFi gratisnya. Saya bilang nanti saja, kata pak Khairur tidak akan lama, ya sudah saya bilang boleh tapi saat itu juga. Kemudian, pak Sonny masuk, dan Rijal keluar,” kata Yana Senin 7 Agustus 2023.

Usai pertemuan empat mata membicarakan CSR ini, kata Yana, Sony kemudian pamit hendak pulang, namun sebelum meninggalkan ruangan, Sony mengeluarkan amplop berwarna coklat dari tasnya dan ditaruh di atas meja dengan mengucapkan sesuatu.

“Beliau pamit pulang, setelah itu mengeluarkan amplop langsung ditaruh di meja dengan berkata ‘Pak, ini untuk perkenalan’. ‘Oh iya terima kasih’, kata saya,” katanya menerangkan percakapan yang terjadi.

Awalnya, Yana mengaku berpikir bahwa isi amplop tersebut adalah brosur perusahaannya, mengingat baru pertama kali bertemu.

Namun ternyata, setelah dilakukan pengecekan amplop tersebut berisi uang yang diakui Yana, dirinya tidak mengingat jumlah pastinya.

Selanjutnya: Duit dipakai untuk santunan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *