Top 3 Nasional: Budiman Sudjatmiko Dukung Prabowo, Makelar Kasus Tambang Nikel dan Pernyataan Jokowi

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Dukungan Budiman Sudjatmiko terhadap calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menjadi berita yang paling banyak dibaca di laman Losergeek.org.co pada Sabtu kemarin, 19 Agustus 2023. Selain itu ada juga berita soal tertangkapnya makelar kasus tambang nikel dan pernyataan Presiden Jokowi soal suhu politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

1. Budiman Sudjatmiko dukung Prabowo

Budiman yang merupakan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), memberikan dukungannya kepada Prabowo Subianto. Dukungan itu diberikan secara resmi dengan digelarnya acara deklarasi Prabowo Budiman Bersatu atau Prabu di Semarang, Jumat lalu, 18 Agustus 2023. 

Budiman sebelumnya juga sudah menyambangi kediaman Prabowo pada Juli lalu. PDIP pun sudah memanggil Budiman namun tak memberikan sanksi apa pun. 

Langkah Budiman memberikan dukungan terhadap Prabowo itu tak sejalan dengan langkah PDIP. Partai berlambang banteng moncong putih sebelumnya telah mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Kini, Partai Gerindra secara terang-terangan menyatakan siap menampung mantan aktivis 98 tersebut jika dia dipecat dari PDIP. 

Baca selengkapnya, di sini: 4 Rekam Jejak Budiman Sudjatmiko PDIP: Akhirnya Resmi Dukung Prabowo

2. Makelar kasus tambang nikel ditangkap

Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Kejati Sultra) menangkap Amel Sabar (AS) yang diduga meminta uang kepada pihak keluarga tersangka kasus tambang nikel di Wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Antam Tbk di Blok Mandiodo, Konawe Utara. Amel diringkus tim Kejati Sultra di Plaza Senayan, Jakarta, pada Kamis, 17 Agustus 2023 pukul 17.00 WIB.

“AS alias Amel lansung diperiksa di Gedung Bundar Kejaksaan Agung dan selanjutnya ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana dugaan menghalangi penyidikan,” ujar Asisten Bidang intelijen Kejaksaan Tinggi Sultra, Ade Hermawan dalam rilisnya pada Jumat, 18 Agustus 2023. Amel dijerat Pasal 21 Undang-undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Iklan

Amel disebut meminta uang kepada keluarga Direktur PT Kabaena Kromit Utama, Andri Ardiansyah alias AA, sebesar Rp 6 miliar.  Dia mengaku dapat mengurus kasus tersebut hingga mencabut status Andri sebagai tersangka. 

Baca selengkapnya di sini: Kejaksaan Tangkap Amel Sabar yang Terima Rp 6 Miliar untuk Bebaskan Tersangka Tambang Nikel Antam

3. Jokowi sebut suhu politik memanas antarkawan sendiri

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyatakan bahwa saat ini suhu politik justru memanas antarkawan sendiri. Dia pun menilai Pemilu 2024 merupakan ajang kompetisi, namun bukan saling sikut dan saling tendang satu sama lain.  

“Walaupun kita berkompetisi, dalam tahun politik ini kawan adalah kawan, balapan boleh-boleh saja, tapi jangan sikut-sikutan, apalagi tendang-tendangan, kita ini saudara sebangsa setanah air, jangan dilupakan itu,” kata Jokowi. 

Suhu politik antar partai-partai pendukung pemerintah saat ini memang terus memanas. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) misalnya, terus menyerang calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, soal proyek lumbung pangan atau Food Estate yang dinilai sarat kepentingan pribadi. 

Baca selengkapnya di sini: Jokowi Bicara soal Suhu Politik Jelang Pemilu 2024: Antarkawan Saling Memanas-manasi

Ketiga berita terpopuler di kanal nasional tempo.co tersebut masih akan terus bergulir pada hari ini, Ahad, 20 Agustus 2023. Pasalnya, nasib Budiman Sudjatmiko belum dipastikan oleh PDIP



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *