Liverpool Disebut Sepakati Transfer Wataru Endo, Lebih Murah dari Moises Caicedo

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Setelah gagal mendapatkan Moises Caicedo, Liverpool tak menghentikan perburuan mencari gelandang bertahan pengganti Fabinho dan Jordan Henderson. Kabar terbaru, The Reds dilaporkan menyepakati transfer Wataru Endo dari VFB Stuttgart.

Jurnalis Italia Fabrizio Romano melaporkan Liverpool telah menebus gelandang asal Jepang itu dengan biaya 18 juta euro atau sekitar Rp 300 miliar. Pemain berusia 30 tahun itu juga telah menyetujui persyaratan personal dengan klub asuhan Jurgen Klopp.

Endo akan menjalani tes medis pada hari ini Kamis, 17 Agustus. Liverpool ingin mengupayakan agar proses transfer bisa selesai tepat waktu dan sang pemain dapat didaftarkan untuk pertandingan pekan kedua Liga Inggris melawan AFC Bournemouth, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Secara harga transfer, Endo jauh lebih murah dibanding Caicedo yang mencapai 115 juta pound sterling atau sekitar Rp 2,24 triliun. Namun untuk kualitasnya, kedua pemain tersebut tak jauh berbeda, bahkan Endo bisa dibilang lebih berpengalaman.

Melansir Squawka, pemain kelahiran Yokohama, 9 Februari 1993 itu menjadi pemain dengan catatan clearances tertinggi (175 kali) di Liga Jerman sejak musim 2020-2021. Ia juga mampu memenangkan penguasaan bola di area sepertiga pertahanan sebanyak 254 kali dan duel area 219 kali, terbanyak di antara pemain lainnya.

Tak hanya kemampuan olah kakinya yang apik, Endo mampu memenangkan duel udara di area tengah. Terbukti dari statistiknya, mantan gelandang Urawa Reds itu menjadi pemain dengan clearances menggunakan kepala terbanyak (105 kali) di Liga Jerman.

Iklan

Liverpool tentu membutuhkan pemain seperti Endo yang tak hanya piawai dalam memenangkan duel dan mengalirkan bola, tetapi juga ketahanannya di atas lapangan. Dalam tiga tahun terakhir, dia hanya melewatkan dua pertandingan.

Jika proses transfernya rampung, Wataru Endo bakal menjadi pemain Jepang kedua yang memperkuat Liverpool setelah Takumi Minamino. Ia didatangkan dari RB Salzburg para 2020 dengan torehan 14 gol dan 3 assist dari 55 kali penampilan di semua kompetisi.

ESPN

Pilihan Editor: 2 Berita Bursa Transfer Liga Italia: Inter Milan Dapatkan Marko Arnautovic, AS Roma Pinjam Sanches dan Paredes



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *