Asisten Pelatih LA Lakers akan Gembleng Timnas Basket Putri Indonesia pada TC Asian Games 2022

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta –¬†Setelah menjuarai Divisi B FIBA Women Asia Cup 2023, timnas basket putri Indonesia akan langsung dihadapkan dengan ajang lainnya, yakni Asian Games 2022. Manajer timnas putri Christopher Tanuwidjaja mengungkapkan persiapan bakal segera dilakukan setelah para pemain menyelesaikan liburan.

“Program kami setelah ini para pemain sedang diliburkan dua hari. Nggak bisa lama-lama karena kami akan langsung persiapan untuk Asian Games 2022 di Hangzhou. Kami mulai tanding 26 September 2023,” ungkapnya dalam jumpa pers di Kantor Perbasi, GBK Arena, Jakarta Pusat, Senin, 21 Agustus.

Selama menjalani pemusatan latihan (TC), kata Christopher, timnas basket putri bakal kedatangan asisten pelatih klub NBA LA Lakers, Phil Handy. Ia diperbantukan menggembleng para pemain agar dapat tampil maksimal di Asian Games 2022.

“Nanti akan ada bantuan di tim kepelatihan untuk kami. Bakal ada bantuan dari Amerika Serikat, tim pelatih LA Lakers akan membantu untuk TC Asian Games,” tuturnya kepada wartawan.

Handy sudah menjadi bagian dari LA Lakers sejak 2019. Sebelumnya, dia sempat membantu pelatih di beberapa klub NBA lainnya seperti Cleveland Cavaliers (2013-2018) dan Toronto Raptors (2018-2019). Ia juga pernah menjadi bagian dari tim pengembangan pemain di LA Lakers pada medio 2011-2013.

Asisten pelatih berusia 51 tahun itu sebelumnya merupakan mantan pemain basket profesional era 1990-2000 awal yang banyak menghabiskan kariernya di Eropa. Beberapa tim yang dulu diperkuatnya adalah Maccabi Hadera (Israel), Manchester Giants (Inggris), serta Melbourne Tigers dan West Sydney Razorbacks (Australia). Handy sempat bermain untuk Golden State Warriors dan Portland Trail Blazers tapi hanya saat pramusim.

Iklan

Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih menilai Asian Games 2022 dapat menjadi ajang uji coba timnas basket putri sebelum kembali berkompetisi di Divisi A FIBA Women Asian Cup 2025. Beberapa lawan yang dihadapi pun memiliki level yang tak jauh berbeda.

“Kita lolos ke Divisi A dan itu tidak mudah karena ada Cina, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Australia. Asian Games kesempatan yang bagus untuk uji coba persiapan menghadapi (Divisi A FIBA Women Asia Cup) 2025,” tuturnya.

Asian Games 2022 akan berlangsung di Hangzhou, Cina mulai 23 September sampai 8 Oktober. Timnas basket putri memulai kiprahnya pada 26 September 2023.

Pilihan editor: Jadwal Bola Live, Senin 21 Agustus 2023: Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Spanyol



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *