Waspada! Pinjol Ilegal Berkeliaran Cari Mangsa yang Butuh Uang di Momen Natal dan Tahun Baru

WARTAKOTALIVE.COM – Pinjaman online atau pinjol ilegal diprediksi marak berkeliaran di momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Maraknya pinjol ilegal momen Nataru ini disampaikan Pengamat sekaligus Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah.

Menurut Piter Abdullah, Nataru dinilai menjadi momen meningkatnya transaksi keuangan digital, khususnya juga pinjol ilegal.

Piter pun tak menampik, pinjol ilegal kemungkinan akan mengambil kesempatan di tengah meningkatnya transaksi dan kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Terlilit Utang Pinjol Rp 100 Juta, Ibu di Kota Depok Tega Jual Kegadisan Putrinya pada Pria Arab

Piter berpendapat tahun baru biasanya transaksi naik karena kebutuhan masyarakat yang naik.

“Walaupun tidak sebesar pada Lebaran, pada momen Nataru di tengah meningkatnya kebutuhan masyarakat, selalu ada orang yang mencari kesempatan atau memancing di air keruh,” ungkapnya saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2023).

Piter menerangkan sejalan dengan hal itu ada kemungkinan kasus-kasus pinjol ilegal meningkat. Oleh karena itu, kata dia, masyarakat perlu berhati-hati sehingga tidak terjebak di pinjol ilegal.

Sebagai informasi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebut Satuan Petugas Pemberantasan Keuangan Ilegal (Satgas Pasti) menghentikan atau memblokir 1.641 entitas keuangan ilegal sejak 1 Januari 2023 hingga 11 November 2023. 

Entitas tersebut terdiri dari 18 entitas investasi ilegal dan 1.623 entitas pinjaman online (pinjol) ilegal.

Sequis Ingatkan Agar Waspada Bahaya Paylater dan Pinjol

Beberapa bulan lalu, beredar kabar tentang sejumlah fresh graduate yang kesulitan mencari pekerjaan akibat menunggak pinjaman di paylater.

Kondisi finansial para fresh graduate ini diketahui tidak dalam keadaan baik oleh perusahaan tempat mereka melamar karena skor kreditnya rendah di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

Siapa sangka, status tagihan atau keuangan pelamar kerja kini menjadi bahan pertimbangan banyak perusahaan.

Baca Juga  Jokowi Manfaatkan Momen Debat Pilpres 2024 untuk Main Sepakbola dengan Jan Ethes

Apalagi kini marak platform belanja daring yang tawarkan pembayaran dengan mencicil atau dikenal dengan paylater serta platform pinjam uang cepat dan mudah yang dikenal dengan pinjol.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *