Tinjau Stasiun Pasarsenen Bersama Para Menteri, Ini Catatan Jokowi untuk PT KAI

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo meninjau secara langsung arus mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada Senin, 8 April 2024. Dalam kunjungannya, Presiden melihat secara langsung kesiapan infrastruktur serta manajemen pelaksanaan mudik yang terpantau baik.

“Saya melihat semuanya rapi terkelola dengan baik sampai di atas kereta juga terlihat rapi baik, tidak ada yang berdesak-desakan, semuanya baik, semuanya baik di Stasiun Pasar Senen semuanya baik,” ucapnya dalam siaran tertulis pada Senin (8/4/2024).

Kepala Negara juga mengungkapkan bahwa terdapat sejumlah titik tertentu yang masih membutuhkan penanganan lebih fokus, khususnya di Merak terkait dengan arus kendaraan bermotor di Ciwandan.

Namun, Presiden menegaskan bahwa pihak Kementerian Perhubungan telah mencarikan solusi terkait hal ini.

“Sedikit yang perlu penanganan lebih fokus yaitu di Merak. Merak utamanya yang berkaitan dengan yang naik sepeda motor di Ciwandan. Tapi tadi juga penjelasan Kementerian Perhubungan ya semuanya sudah dicarikan solusi,” tutur Jokowi.

Dalam hal tingkat kecelakaan lalu lintas, Presiden mengungkapkan bahwa tahun ini terpantau jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, Presiden pun menilai bahwa tidak ada antrean masyarakat yang berlebihan, baik di terminal maupun di bandara.

“Kalau dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu saya kira tahun ini jauh lebih bagus, jauh lebih bagus. Saya nggak melihat ada antrean yang sangat terlalu panjang atau yang di airport atau di stasiun atau terminal yang begitu ramai dan berdesak-desakan saya lihat nggak ada,” ucap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menekankan pentingnya manajemen yang baik dalam menangani permasalahan kecil yang mungkin muncul. Presiden menyatakan keyakinannya bahwa perencanaan yang rapi akan menghasilkan pelaksanaan yang baik.

Baca Juga  Sejarah Kerja Sama Pertamina Enduro-VR46 dan Besaran Nilai Kontraknya

“Saya kira perencanaan yang rapi akan memunculkan sebuah pelaksanaan yang baik. Ini saya kira diorganisasi dengan sangat baik. Semua, semua yang terlibat,” ujar Presiden.

Peninjauan Presiden Jokowi terhadap pelaksanaan mudik di Stasiun Pasar Senen mencerminkan komitmen pemerintah untuk memastikan kesiapan dan kelancaran selama periode mudik Lebaran tahun 2024. Antisipasi dan manajemen yang baik menjadi kunci dalam menghadapi tantangan arus mudik setiap tahunnya.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartyanto mengatakan, saat ini kondisi Stasiun Pasarsenen masih ramai oleh calon penumpang namun tetap kondusif.

“Mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung meningkat di momen mudik Lebaran, atau faktor-faktor lainnya. Kami mengingatkan agar pelanggan tetap dapat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi untuk pulang ke kampung halaman, dengan mengatur waktu keberangkatan dari kediaman menuju stasiun keberangkatan,” kata didiek.

Didiek mengatakan, pada angkutan Lebaran ini, seluruh pegawai KAI dilarang untuk mengambil cuti tahunan. Hal ini merupakan wujud bahwa manajemen sangat fokus melayani pelanggan di saat peak season.

“KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan khususnya pada periode angkutan Lebaran, melalui keamanan dan kenyamanan perjalanan yang mengesankan. Sehingga menjadikan kereta api sebagai pilihan utama untuk perjalanan mudik yang ceria dan penuh makna,” tutup Didiek.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *