Timnas AMIN Bongkar Kecurangan Pilpres 2024, Tuding Ada yang Menangkan Paslon Tertentu

WARTAKOTALIVE.COM JAKARTA – Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Timnas AMIN) menggelar konferensi pers tentang website KPU (Sirekap) bertajuk ‘Sebuah Perjalanan Kawal Suara dan Telusur Etika’ di Rumah Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (16/2/2024).

Anggota Dewan Pakar Timnas Pemenangan AMIN Bambang Widjojanto mengatakan pihaknya tak gentar untuk membongkar kecurangan dalam proses Pilpres 2024. 

Menurutnya, adanya rekayasa sistem perhitungan suara di Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilu (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. 

Bambang menegaskan bahwa kecurangan yang terjadi tak melulu soal salah menginput data. 

“Ini betul-betul bukan sekedar salah menulis, karena mestinya IT atau artificial intelligence yang ada dalam sistem IT KPU itu bisa membaca. Ini kalau sistemnya memang tidak dibangun dengan rekayasa tertentu, sulit itu,” jelas Bambang.

Anies Baswedan usai mencoblos di TPS 060 Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2024). (WartaKota/Yolanda Putri Dewanti)

Pihaknya, kata dia, memiliki tim IT forensik yang menyelidiki hal itu. Tim tersebut melakukan beberapa model dan metode forensik untuk mendalami Sirekap. 

Dia menjelaskan, berdasarkan analisa kajian forensik terhadap server KPU, pihaknya menduga ada logaritma sistem yang sudah diatur untuk pemenangan paslon tertentu.

Sehingga jika ada revisi di satu TPS, itu akan mengubah TPS yang lain. 

“Jadi ada yang sudah di-setting, logaritma sistem di-setting untuk pemenangan paslon tertentu yang secara otomatisasi di atas 50 persen. Indikasi kuat ke arah itu dikonfirmasi dengan ditemukannya kecurangan-kecurangan yang terjadi di wilayah-wilayah tertentu,” jelas Eks Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Sebelumnya pada Kamis (15/2/2024), Tim Hukum Nasional (THN) AMIN baru merilis tentang sembilan bentuk kecurangan dalam Pilpres 2024. 

Baca juga: Ditempel Prabowo-Gibran, Anies-Cak Imin Unggul Sementara Perolehan Suara di Kecamatan Cakung

Baca Juga  Heboh Ibu dan Anak di Cilandak Ditemukan Tak Bernyawa, Diduga Sudah Empat Hari

“Tidak ada satu pihak pun yang dapat mengklaim kemenangan, jika kita ketemukan fakta-fakta begitu banyaknya bukti kecurangan,” kata Ketua THN Timnas AMIN Ari Yusuf Amir dalam konferensi pers di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (15/2/2024). 

Ari menjelaskan, pihaknya pada satu hari sebelum pencoblosan telah menerima berbagai laporan kecurangan yang tersebar di 34 provinsi. Ia mengatakan, THN AMIN telah mengelompokkan jenis-jenis kecurangan dalam penyelenggaraan Pilpres 2024. 

Pertama, kecurangan berupa penggelembungan suara melalui sistem IT Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang masif. Ini telah dilakukan melalui verifikasi ribuan formulir C1 oleh THN dan riset oleh Timnas AMIN.

Kedua, kecurangan dalam bentuk surat suara yang sudah tercoblos. Coblosan itu tepatnya untuk paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Coblos AMIN, Pria di Banten Diusir Mertua, Sang Istri Ikut Kesal karena Suami Tak Coblos Prabowo

Ketiga, kecurangan berupa pengerahan aparat melalui asosiasi kepala desa. Ari menyebut hal itu telah diomongkan sejak lama bahwa ada modus tersebut yang benar-benar terjadi bahwa para kades memberikan pengarahan langsung ke TPS dan ikut serta untuk kemenangan paslon tertentu. 

Keempat yakni adanya pengerahan kalangan lanjut usia (lansia) oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Kelima, kecurangan berupa surat suara yang lebih sedikit dari Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

Kemudian, keenam yakni kecurangan berupa penghalangan pemilih oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Ketujuh, kecurangan berupa upaya memanipulasi data DPT. 

Kedelapan, upaya menghalangi saksi di TPS. Adapun bentuk kecurangan kesembilan atau terakhir yang ditemukan THN AMIN yakni praktik politik uang (money politic).(m27)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Baca Juga  Bermodal Kalahkan Vietnam, Thom Haye Pede Timnas Indonesia Kalahkan Irak di GBK: Kami Punya Kualitas



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *