Temui Petani Bawang di Brebes, Anies akan Hadirkan Keadilan untuk Petani

WARTAKOTALIVE.COM, BREBES – Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan melanjutkan perjalanan ke Brebes yang terkenal dengan hasil pertaniannya yaitu bawang merah. 

 

Di hari pertama safari kampanye keliling Jawa Tengah, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu mengadakan perjanjian untuk pembelian hasil panen dari para petani.

 

Anies menyebut perjanjian itu nantinya akan dinamakan Perjanjian Hasil Panen. “Sebuah program yang kita luncurkan yang biasa kita sebut contract farming,” ujar Anies kepada para wartawan, Sabtu, 23 Desember 2023.

 

Konsep perjanjian ini menurut Anies yaitu para petani bawang merah di Brebes mengikat kontrak dengan pemerintah. Para petani akan mendapat jaminan pembeli saat panen. Konsep ini sudah dilakukan suami Fery Farhati saat mengemban tugas di ibu kota.

 

Konsep contract farming saat Anies memimpin Jakarta berupa badan usaha milik DKI membeli hasil-hasil pertaninan dari berbagai kabupaten. 

 

Anies menjamin dengan adanya kontrak panjang 5 tahun membuat para petani tenang saat menanam, merawat, dan panen yang sudah jelas ada pembelinya.

 

“Dan harganya sudah disepakati. Itulah yang memberikan kestabilan harga atas komoditas pangan,” ujar Anies.

 

Program ini menurut Anies akan dijalankan ketika dia memenangkan kontestasi di Pilpres 2024. Dia berjanji akan menjalankan program ini. “Dan hari ini kami tandatangani di desa Larangan, Brebes,” katanya. (****)

 

Baca Berita WARTAKOTALIVE.COM lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  KPK Geledah Rumah Politikus PDIP yang Juga Ketua Komisi IV DPR di Depok, Terkait Korupsi SYL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *