Politisi PDIP: Pemkot Depok Bohong Soal Berobat Gratis Pakai KTP, Sudahlah Hentikan Bohongi Rakyat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo mengatakan bahwa Pemkot Depok telah membohongi masyarakat dengan janji berobat gratis hanya menggunakan kartu tanda penduduk (KTP).

Menurut Hendrik Tangke Allo, hingga saat ini masih banyak masyarakat Depok yang tidak bisa menikmati layanan berobat gratis dengan menggunakan KTP.

Padahal, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyatakan bahwa kebijakan berobat gratis hanya bermodalkan KTP Depok telah berlaku mulai 1 Desember 2023.

“Ternyata tidak seindah yang disampaikan. Banyak hal berbelit yang menjadi persyaratan penggunaan KTP untuk berobat. Tanggal 7 Desember 2023 kemarin, warga saya berobat ke puskesmas ternyata juga enggak bisa menggunakan KTP,” kata Hendrik dalam pesan singkat, Sabtu (9/12/2023) dikutip dari Kompas.com.

Di samping itu, Hendrik pun sempat mencoba menggunakan KTP-nya agar mendapatkan layanan kesehatan gratis saat berobat di salah satu rumah sakit di Depok.

Namun, kenyataannya Hendrik tetap tidak bisa menikmatinya.

Baca juga: Politisi PDIP Nyamar Berobat di RS Pakai KTP Depok Tapi Ditolak, Janji Gratis Wakil Wali Kota Bohong

“Saya kan iseng nanya apa betul bisa dan apa sudah ada koordinasi ataupun sosialisasi pemkot ke RS tersebut? Ternyata tidak ada,” ucap dia.

Karena itu, Hendrik menyayangkan apa yang sudah dijanjikan Imam Budi Hartono ternyata tak sesuai fakta di lapangan.

“Sudahlah berhenti membohongi rakyat dengan janji-janji manis yang tidak bisa dilaksanakan dan tidak bisa dinikmati rakyat,” ungkap politikus PDI-P itu.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyebut warga Depok sudah bisa berobat gratis ke puskesmas atau rumah sakit terdekat hanya dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP.

Kebijakan ini berlaku sejak 1 Desember 2023.

Baca Juga  Infinix Rilis Ponsel Gaming Hot 40 Pro dan 40i, Ini Spesifikasi dan Harganya

“Saya ingin menyampaikan, sekarang di Depok berobat cukup pakai KTP per 1 Desember 2023,” kata Imam saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (8/12/2023).

Mulai awal bulan ini, layanan kesehatan di Kota Depok telah menerapkan Universal Health Coverage (UHC) alias Jaminan Kesehatan Semesta. UHC berlaku bagi warga Depok yang sudah maupun belum punya asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan.

“Depok sudah UHC. Kalau sakit ke puskesmas, bagi yang sudah punya BPJS, silakan tunjukkan KTP-nya,” ujar Imam.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *