Libur Nataru, Dinkes Bangun Sembilan Posko Kesehatan di Kabupaten Bekasi

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI – Sebanyak sembilan posko kesehatan disiagakan di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada momen libur natal 2023 dan tahun baru 2024.

Posko itu dibangun Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi dengan disiapkan petugas medis dan obat-obatan.

Baca juga: Periode Libur Nataru, 19 Bengkel AHASS dan Dua Pos AHASS Tetap Buka, Kecuali 1 Januari 2024

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Supriadinata mengatakan, dari 9 Posko, sudah disiagakan Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk pengecekan kesehatan bagi pemudik.

“Kita menyiapkan 9 Posko kesehatan, dilengkapi dengan Ambulans. Per hari-nya ada 6 nakes yang berjaga, dibagi dua shift. Per shift-nya terdiri dari satu dokter dan 2 tenaga kesehatan. Juga ditambah sopir ambulans,” kata Supriatna, Minggu (31/ 12/2023).

Ia menyebutkan, Posko Kesehatan Nataru dari Dinkes Kabupaten Bekasi sudah disiagakan sejak 23 Desember 2023 dan akan berakhir pada 2 Januari 2024 nanti.

Baca juga: Libur Nataru Dibayangi Peningkatan Covid-19, Kemenkes: Turunan Omicron Cepat Menular tapi tak Fatal

Supriadinata menuturkan, adanya Posko Kesehatan bersama lintas sektor lainnya, bertujuan untuk menjamin keselamatan pemudik dan warga yang tengah berlibur, serta menjaga keamanan, kenyamanan dan kesehatan masyarakat.

“Untuk tim monitoring, itu langsung oleh tiap Kepala Bidang (Kabid) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi. Alhamdulillah, sejauh ini berjalan aman. Semoga tetap lancar hingga tahun baru nanti,” harapnya.

Supriadinata menambahkan, layanan kesehatan yang disiapkan, bergabung bersama jajaran TNI/Polri, kepolisian Polres Metro Bekasi, Kodim 0509, PMI, BPBD, Dinas Perhubungan, Damkar dan pihak terkait lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Ruas Tol Cipali dipadati mobil pribadi yang hendak mengisi libur nataru. (Tangkapan video Facebook tribunnews)

Pos Kesehatan dari Dinkes Kabupaten Bekasi setiap harinya, menyediakan berbagai layanan, seperti pemeriksaan kesehatan dasar tingkat pertama, penanganan awal, sistem rujukan yang berkoordinasi dengan Puskesmas di tiap wilayah hingga rumah sakit rujukan serta konsultasi kesehatan.

Baca Juga  Kabar AHY Besok Dilantik Jokowi jadi Menteri ATR/BPN, Demokrat: Dulu di Militer, Sekarang Politik

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang hendak berlibur untuk tetap menjaga kesehatan dengan memastikan kondisi tubuh dan memeriksakan diri sebelum dan sesudah perjalanan,” imbuhnya.

Adapun sembilan Posko Kesehatan tersebut tersebar di jalur pantura dan jalur tol Jakarta-Cikampek. Yakni Pospam Gedung Juang, Jalan Sultan Hasanuddin, Tambun Selatan, Pospam Gerbang Tol Telaga Asih, Pospam Stasiun Cikarang dan Pospam Sentra Grosir Cikarang (SGC).

Kemudian di Pos Pam Perbatasan Kedung Waringin-Karawang, Pos Pol Traffic Light Legenda, Jalan Raya Inspeksi Kalimalang, Tambun Selatan, Pospam Rest Area Km-19 A, Jakarta-Cikampek, Pospam Rest Area km 39 Tol Jakarta-Cikampek dan Pospam Rest Area 19 B Tol Jakarta-Cikampek.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *