Ledakan Smelter di Morowali, Timnas AMIN : Salah Satu Dampak dari Hilirisasi yang Tak Inklusif

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Ledakan smelter di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah yang menyebabkan puluhan korban jiwa mendapat perhatian dari Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan -Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN).

“Turut berduka sedalam-dalamnya atas 59 korban dari kebakaran di kawasan IMIP,”kata Juru bicara (Jubir) Muda Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan -Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Hari Akbar di Jakarta (25/12/2023).

Berdasarkan data PT IMIP, jumlah korban saat ini mencapai 51 orang. Perinciannya, sebanyak 12 orang menjadi korban jiwa pada peristiwa, terdiri atas 7 tenaga kerja Indonesia dan 5 tenaga kerja asing. Korban luka ringan dan berat sebanyak 39 korban luka-luka yang saat ini sedang mendapatkan penanganan medis

Menurut Akbar, kasus kebakaran di kawasan PT.IMIP adalah salah satu dampak dari hilirisasi. Hilirisasi yang tidak inklusif menyebabkan banyak kerugian di masyarakat. 

Mulai dari kerusakan lingkungan, tidak hadirnya kesejahteraan sampai standard keselamatan kerja yang tidak dipikirkan.

Ia mengungkapkan berdasarkan kronologis sejumlah sumber di lapangan.

“Kronologi kawan-kawan yang ada di lapangan, tungku smelter sebenernya sudah bocor dan harus diperbaiki dengan menghentikan proses produksi,”ungkapnya.

Hanya saja kata Hari, masih dipaksakan terus berproduksi dan akhirnya banyak memakan korban. 

Hari mendorong Pemerintah harus mengevaluasi ulang standar keselamatan kerja pada smelter-smelter ini. 

Jangan hanya mementingkan investor dengan narasi hilirisasi dan akhirnya masyarakat jadi korbannya. 

“Kalau mas Gibran beberapa waktu lalu bicara hilirisasi terus, ini bisa dilihat kerja pak Jokowi terkait hilirisasi yang jelas banyak merugikan.”imbuhnya.

Sekedar diketahui, pada hari Minggu (24/12/2023) pukul 05.30 WITA, pabrik pengolahan nikel yang berlokasi di Kawasan Industri IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah itu terbakar hingga menyebabkan puluhan korban. (****)

Baca Juga  Serap Aspirasi, Caleg Prasetyo Edi Marsudi Dapat Dukungan Penuh Pekerja Indonesia di Malaysia

Baca Berita WARTAKOTALIVE.COM lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *