Kasus Rocky Gerung Dugaan Hoaks dan Ujaran Kebencian Sudah Masuk Tahap Penyidikan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA –  Kasus dugaan hoaks dan ujaran kebencian yang dilontarkan Rocky Gerung yang ditujukan untuk Presiden Jokowi sudah masuk tahap penyidikan. 

Peningkatan status perkara ini diketahui setelah Kejaksaan Agung (Kejagung) menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari penyidik Dittipidum Bareskrim Polri.

“Jampidum Kejaksaan Agung telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI (Bareskrim Polri) atas nama Terlapor RG dkk,” kata Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana dalam keterangannya, Sabtu (21/10/2023).

SPDP tersebut, kata Ketut, diterbitkan Bareskrim Polri pada Selasa (17/10/2023) dan diterima Kejagung pada Kamis (19/10/2023).

Lebih lanjut, Ketut mengatakan pihaknya akan segera menyusun tim untuk mengukuti perkembangan penyidikan perkara tersebut atau P-16.

Baca juga: Putusan MK Sarat Kepentingan Keluarga, Rocky Gerung: Penjaga Konstitusi Lakonnya Inkonstitusional

“Saat ini, Jampidum masih menunggu pengiriman berkas perkara dari penyidik Bareskrim Polri untuk dipelajari terkait persyaratan formil dan materiil, guna menentukan lengkap atau tidaknya berkas perkara dimaksud,” tutur Ketut.

Meski begitu, dalam perkara tersebut belum ditetapkannya sosok tersangka. Namun, penyidik menyiapkan Pasal 14 Ayat (1), Ayat (2) dan/atau Pasal 15 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 dan/atau Pasal 156 KUHP dan/atau Pasal 160 KUHP dan/atau Pasal 45A Ayat (2) Jo Pasal 28 Ayat (2) UU ITE, untuk dijeratkan terhadap tersangka nantinya.

Polemik Pernyataan Rocky Gerung

Adapun Rocky Gerung menjadi pembicaraan di media sosial Twitter pada Senin (31/7/2023) buntut dari ucapannya yang oleh sebagian pihak dianggap memaki dan menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Potongan video yang memuat ucapan Rocky Gerung yang diduga menghina Jokowi itu beredar di media sosial.

Dalam video yang dilihat Tribunnews, Rocky Gerung menyebut Jokowi hanya memikirkan nasibnya sendiri.

Baca Juga  Sepakat Damai, Rinoa Aurora Senduk Ikhlas Memaafkan Sikap dan Perilaku Kasar Leon Dozan

“Ambisi Jokowi adalah mempertahankan legasinya. Dia masih ke China buat nawarin IKN. Dia masih mondar mandir dari satu koalisi satu ke koalisi yang lain untuk mencari kejelasan nasibnya. Dia memikirkan nasibnya sendiri Dia nggak mikirin nasib kita. Itu baji**an yang tol**,” kata Rocky Gerung.

Gaduh Pernyataan Rocky Gerung, Netizen Minta Prabowo Bela Jokowi (kolase WARTA KOTA)

Oleh sebagian warganet, ucapan Rocky Gerung itu dianggap sebagai penghinaan kepada Presiden Jokowi.

Video lengkap pidato Rocky Gerung yang diduga menghina Presiden Jokowi itu juga diunggah di channel resmi Rocky Gerung, Rocky Gerung Official.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *