Kakorlantas Sebut Angka Kecelakaan Turun 12 Persen Meski Ada Tragedi Tol Japek KM 58

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menuturkan, angka kecelakaan lalu lintas dalam skala nasional selama arus mudik Lebaran 2024 mengalami penurunan.

Aan menyebut penurunan angka itu sebesar 12 persen mulai Kamis (4/4/2024) sampai Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah yang jatuh pada Rabu (10/4/2024).

“Kami melihat evaluasi selama arus mudik, mulai tanggal 4 sampai dengan hari H jadi untuk kecelakaan lalu lintas ada penurunan secara nasional, ada 12 persen turun dari 1.723 kasus menjadi 1.581 kasus,” ujarnya, di Pos Pantau Mudik PT Jasa Marga, KM 70 Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Kamis (11/4/2024).

Kemudian untuk fatalitas atau korban meningal dunia akibat kecelakaan lalu lintas juga turun 0,04 persen, untuk luka berat ada kenaikan 16 persen, dan luka ringan turun 18 persen. 

“Itu (data) kami bandingkan dengan masa operasi masa arus mudik tahun 2023,” kata jenderal bintang dua itu.

Baca juga: Pakar Sebut Kecelakaan Bus Rosalia yang Tewaskan 7 Orang karena Sopir Kurang Istirahat

Baca juga: Polri Sebut Sopir Gran Max Bekerja Lewati Batas hingga Kecelakaan Maut di KM 58 Tol Japek

Kendati demikian, pihaknya prihatin dengan kejadian kecelakaan yang terjadi di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek yang menewaskan 12 orang pada Senin (8/4/2024) lalu.

Serta kecelakaan tunggal Bus PO Rosalia Indah di KM 370 ruas Tol Batang-Semarang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (11/4/2024) yang menewaskan tujuh orang.

“Ini terjadi kecelakaan menonjol yang berakibat korban meninggal dunia. Tadi pagi ada 7 korban meninggal dunia kemarin ada 12 ini menjadi perhatian kita semua,” tutur dia.

Agar kejadian kecelakaan tak terulang lagi, ia memerintahkan kepada direktur lalu lintas (dirlantas) polda jajaran untuk mengatasi titik di ruas Tol Trans Jawa yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas atau Black spot.

Baca Juga  Epy Kusnandar Buka Warung Makan hingga Tetap Santai Meski Dicibir Banyak Orang, Begini Alasannya

Terlebih dalam beberapa hari ke depan akan ada arus balik Lebaran

“Dan kami sudah melakukan evaluasi mengarahkan para dirlantas untuk menangani black spot ini atau titik rawan kecelakaan menjadi lebih konsen lagi,” ucap Aan.

Di sisi lain, Menko PMK Muhadjir Effendy juga mengamini pernyataan Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan perihal menurunnya angka kecelakaan lalu lintas.

“Berdasarkan hasil evaluasi secara umum penanganan mudik tahun ini lancar dan ada perbaikan-perbaikan dari banyak sisi. Tetapi juga tentu saja masih ada beberapa permasalahan, terutama diakibatkan oleh kenaikan jumlah pemudik, kemudian yang kedua angka-angka kecelakaan juga mengalami penurunan,” katanya.

“Ini kenapa saya sampaikan tentu saja indikator utama kita adalah soal ini. Mengingat tema mudik kita seperti yang disebutkan aman, ceria dan bermakna. Jadi mudik harus bermakna jadi target kita betul-betul sebetulnya idealnya adalah zero accident karena itu semakin mendekati zero semakin bagus,” lanjut dia. (m31)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *