Iwapi Gelar Workshop Kewirausahaan di Kampus untuk Hadapi Tantangan Jakarta jadi Kota Global

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – DPP Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) DKI Jakarta berkomitmen mengubah paradigma di kalangan mahasiswa, tentang kewajiban bekerja setelah lulus sekolah.

Salah satu caranya dengan menggelar Workshop Entrepreneurship di Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti, Jalan Kebon Nanas, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (30/5/2024).

Ketua Umum DPD Iwapi Jakarta Endah Ansoroeddin mengatakan, acara ini digelar untuk membuat jaringan baru dengan merangkul para mahasiswa dan mahasiswi di kampus tersebut.

Tidak hanya Kampus ITL Trisakti, Iwapi Jakarta juga membidik lima kampus lainnya pada tahun 2024.

“Tujuan kami menggelar acara ini adalah, pertama ingin memperkenalkan diri tentang Iwapi, kedua kami juga mengajak teman-teman mahasiswa yang memang bekerja sambil kuliah atau beriwrausaha sambil kuliah, untuk bisa bergabung dengan kami sehingga ada regenerasi selanjutnya,” kata Endah saat ditemui di lokasi pada Kamis (30/5/2024) pagi.

Endah mengatakan, kegiatan yang digelar dari pagi hingga sore ini juga untuk menyikapi tantangan Jakarta menjadi Kota Global.

Diketahui, Presiden RI Jokowi telah menetapkan UU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta, sehingga pusat pemerintahan tak lagi di Jakarta tapi sudah di Kalimantan Timur.

Dalam aturan itu juga dijelaskan, Jakarta akan menjadi Kota Global dan Bisnis di Tanah Air.

Karena itu, Endah memandang Jakarta harus mulai menyiapkan para wirausaha untuk mendukung rencana pemerintah pusat tersebut.

“Tentunya mau tidak mau, suka tidak suka warga DKI harus siap, nah untuk siap menghadapi Kota Global itu, kita tentu harus menciptakan entrepreneur baru dan selanjutnya,” ujar Endah.

Baca juga: 5 Manfaat Kesehatan dengan Minum Air Daun Kemangi Suci, Kurangi Stres hingga Kecemasan

“Kami juga harus bisa memberikan wacana kepada teman-teman mahasiwa dan mahasiswi ini, bahwasanya keluar sekolah tidak harus bekerja dengan seseorang atau perusahaan, tetapi coba keluar dari sekolah itu menciptakan lapangan pekerjaan yang baru,” lanjut Endah.

Baca Juga  Hendak Mancing, Ayah dan Anak di Tangerang Ditemukan Meninggal Usai Tenggelam di Kali Cirarab

Menurut Endah, Iwapi Jakarta juga memiliki kewajiban untuk bisa memperkecil persentase pengangguran yang terjadi di Indonesia, khususnya Jakarta.

Apalagi kondisi perekonomian saat ini dinilainya belum terlalu baik, pasca melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika yang menebus hingga Rp 16.240.

“Kami ingin memberi wawasan dan wacana bahwa ayo kita menjadi pengusaha, tidak harus selalui diawali yang besar, dari yang kecil pun kami siap membimbing. Di sini banyak kakak pengusaha yang bisa membimbing untuk menjadi entrepreneur, paling tidak akhirnya efek dominonya buka lapangan kerja,” ungkap dia.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *