Bolehkah Anda Makan Bawang Putih yang Sudah Bertunas?

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Seringkali kita menemui bawang di dapur sudah bertunas. Padahal kita membutuhkannya. 

Bawang putih adalah bumbu dasar dari banyak hidangan lezat karena menambahkan rasa gurih pada semangkuk pasta, dan bahkan menghasilkan rasa manis yang lembut saat dipanggang utuh. 

Saat bawang putih melewati masa puncaknya, siung dapat mengembangkan tunas hijau kecil di tengahnya yang akhirnya menonjol dan terus tumbuh.

Anda mungkin tetap menggunakan siung yang bertunas seperti biasa, meski kecambah tersebut membuat bawang putih terasa pahit dan bahkan tidak aman untuk dimakan.

Namun apakah hal tersebut benar-benar membahayakan kesehatan kita? Apa yang harus kita lakukan ketika kita membuka sebuah siung dan menemukan tunas kejutan di dalamnya?

Baca juga: Bau Menyengat Kayu Manis dan Bawang Bombay Berkhasiat Usir Tikus dari Dapur Anda

Jawaban singkatnya adalah: bawang putih yang bertunas 100 persen aman dikonsumsi, tetapi rasanya sangat berbeda.

Selain bau mulut, tidak ada efek samping dari memakan bawang putih yang bertunas.

Bahkan mungkin memiliki manfaat kesehatan. Menurut sebuah penelitian tahun 2014 ditemukan tingkat antioksidan yang lebih tinggi pada bawang bertunas. 

Kecambah hijau kecil itu mungkin tidak menimbulkan risiko kesehatan, tetapi itu adalah tanda bahwa rasa bawang putih Anda telah berubah.

Tunas yang mungkin Anda temukan pada siung bawang putih tua sebenarnya tidak pahit sama sekali. 

Bagian tengah berwarna hijau lembut sebenarnya adalah awal dari tanaman bawang putih baru dan memiliki rasa rumput yang lembut. 

Saat bawang putih masih muda dan segar, siungnya mengandung gula alami. 

Namun, seiring berjalannya proses pertumbuhan tunas, cadangan gula semakin berkurang dan membuat bawang putih terasa tajam dan pekat. 

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda Saat Makan Bawang Bombay Setiap Hari, Simak Manfaat dan Kerugiannya

Baca Juga  10 Khasiat Lemon yang Menakjubkan dan Alasan Mengapa Anda harus Mengonsumsinya

Oleh karena itu, menghilangkan tunas dari siung bawang putih sebenarnya adalah tugas yang sia-sia, malah membuat jari Anda lengket dan bau.

Meskipun rasa bawang putih yang agresif tidak terlalu menggugah selera, hal ini hanya membuat sedikit perbedaan pada resep yang menggunakan sedikit bawang putih.

Namun, hal ini memberikan dampak besar pada resep yang menggunakan bawang putih seperti roti bawang putih dan hidangan lain yang menggunakan bahan mentah.

Mungkin kita tidak sempat memilih bawang yang bagus saat membelinya.  Namun Anda dapat mencegah bawang putih segar tumbuh jika disimpan dengan benar.

Tempat terbaik untuk menyimpan bawang putih adalah di tempat sejuk dan gelap dengan kelembapan sedang.

Dapur Anda adalah tempat terbaik untuk menjaga bawang putih Anda dalam kondisi yang baik. (Delish.com)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *